Wisata Keluarga Cimory on The Valley dan Mini Mania di Bawen, Ungaran, Semarang

Yeaay! Perjalanan road trip Jawa Tengah kami berlanjut dari Semarang menuju kota Yogyakarta. Sejak awal perencanaan, kami memang ingin mengunjungi beberapa tempat wisata keluarga yang ada di sekitar Semarang dan Yogyakarta.

Sebetulnya kami tertarik mengunjungi wisata yang lagi nge-hits, yaitu Dusun Semilir, tapi karena terbatasnya waktu, kami akhirnya memilih Cimory on The Valley. Memang Cimory on The Valley telah buka beberapa tahun yang lalu dan kami yakin banyak orang Jawa Tengah yang sudah tahu, tapi bagi kami tetaplah baru. Sebagian pembaca kami yang kebanyakan dari daerah Jawa Barat mungkin tidak semuanya pernah mengunjungi Cimory on The Valley. Maka kami putuskan berkunjung ke tempat wisata ini.

Menurut kami, Cimory on The Valley adalah yang terbaik dari tiga Cimory yang sudah ada di Indonesia, yaitu dua di Cipanas, Puncak (Cimory Mountain View dan Cimory River Side). Alasannya menurut pendapat kami, pertama mungkin masalah luas area, Cimory on The Valley adalah yang terluas. Kedua, Cimory on The Valley menawarkan wisata yang lebih beragam, yaitu Cimory Dairy Land dan Mini Mania.

Posisi Cimory on The Valley

Google Maps. Ya itu aja sih modal kami untuk melakukan road trip. Jujur, kalo tidak ada Google Maps kayaknya kami bakal berlama-lama di jalan. Tapi sekedar info saja, Cimory on The Valley lokasinya ada di Jalan Raya Semarang-Ungaran. Bukan jalan tol yah, melainkan jalan raya biasa, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Semarang (jaraknya 25 km-an). Jalan rayanya lebar, beraspal mulus, dan lalu lintasnya ramai karena termasuk jalan protokol yang banyak dipakai mobil pribadi, umum, dan juga kendaraan berat.

Jika dari arah Semarang, Cimory on The Valley posisinya di sebelah kiri jalan (nah, kalo Dusun Semilir ada di kanan jalan sehingga perlu u-turn dulu karena ada pembatas jalan). Area parkirnya luas, ada dua bagian. Di area depan dan di belakang bawah. Karena waktu itu weekday, kami dengan mudah menemukan parkiran kosong di depan yang tentu lebih dekat dengan pintu area masuk. Parkirnya menggunakan tiket otomatis dan sudah ada pengelola parkirannya.

Protokol Kesehatan

Cimory on The Valley sudah menerapkan protokol kesehatan semasa pandemi Covid-19. Sejak di parkiran mobil, petugas keamanan sudah mengecek dan meminta pengunjung untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Di dekat pintu masuk sudah disediakan beberapa wastafel.

Area Cimory on The Valley juga mewajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak, terlihat dari rambu protokol yang dipasang di beberapa tempat. Untuk ticket box dan counter kasir juga sudah dipasang kaca pembatas. Selain itu setiap petugas yang melayani juga menggunakan masker. Nggak perlu terlalu parno untuk main ke Cimory on The Valley.

Area Gerbang Masuk

Di area gerbang masuk, kita langsung menemui toko oleh-oleh dan souvenir, Chocomory, yang sebagian besar menjual produk-produk Cimory yang kita semua pasti kenal, seperti yoghurt, susu, coklat batang, dan lain-lain. Kasirnya berjajar, displaynya banyak. Posisi toko ini sebetulnya ada di akhir kunjungan selama ke Cimory on The Valley, tapi buat kalian yang ingin hanya berbelanja atau ingin lebih dulu mengujungi toko ini juga bisa karena ada akses masuk khusus dari gerbang masuk.

Maju lebih ke dalam di sebelah kanan kalian bisa menemui Cimory Restaurant. Kami hanya melihat-lihat dari luar, tidak masuk ke dalam. Area restorannya sangat luas, kalo tidak salah terdiri dari tiga lantai (tingkat lantainya ke bawah). Memanfaatkan letak Cimory on The Valley yang ada di lereng, sebagian besar view restorannya adalah area farm (peternakan) yang ada di lereng bawah. Untuk masalah menu, Cimory Restaurant ini tidak berbeda dengan Cimory Restaurant yang ada di Cipanas, Puncak.

Harga Tiket Masuk

Cimory on The Valley punya dua bagian besar tempat wisata, yaitu Cimory Dairyland dan Mini Mania. Cimory Dairyland berkonsep wisata zoo and farm. Sementara untuk Mini Mania berkonsep taman miniatur dunia. Untuk tiket masuknya kalian bisa memilih salah satu wahana atau tiket terusan untuk keduanya, yang tentu harganya lebih murah.

Harga tiket masuk Cimory Dairyland adalah 15K, sementara Mini Mania 25K. Harga tiket terusannya jadi 35K per orang, lumayan kan irit 5K… Tiket ini termasuk mendapatkan yoghurt Cimory (90ml). Tapi ingat harga tiket masuk ini belum termasuk harga tiket permainan di dalam Cimory Dairy Land, seperti memberi makan domba, kambing, kelinci atau binatang-binatang lainnya, harganya antara 5K-10K per sekali masuk.

Cimory Dairy Land

Untuk masuk Cimory Dairy Land kita harus melewati pintu masuk yang dijaga petugas bertubuh cebol. Ya, rupanya manajemen Cimory on The Valley mempekerjakan mereka dengan memakaikan seragam warna-warni dan topi koboi. Bagus idenya! ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ Selain mengkaryakan, juga menarik buat pengunjung.

Konsep zoo-nya Cimory Dairy Land langsung terekam di area awal masuk. Ada beragam binatang ditampilkan, baik mamalia, amphibi, unggas, dan lain-lain. Binatang berang-berang, biawak, kura-kura, ditaruh di dalam kandang terbuka yang terawat dan terjaga dengan baik. Di area tengah zoo ada semacam tempat berpose di depan tulisan Cimory besar dengan background kandang binatang, seperti rusa, kelinci, dan burung-burungan.

Taman-taman di area ini begitu hijau dan penuh bunga. Tanamannya terawat dan teratur. Satu area menarik lainnya adalah Hobbit Land, di mana ada rumah-rumahan berdesain rumah Hobbit.

Area lainnya dari Cimory Dairy Land, Mory’s Farm, yang dihubungkan dengan jembatan kayu yang fotogenik. Mory’s Farm ini konsepnya peternakan, jadi sebagian benar bonatang yang ditampilkan adalah hewan ternak, kambing, domba, sapi, kuda, dan sebagainya.

Keith langsung tertarik untuk naik kuda donk. Setelah membayar sendiri tiketnya sebesar 25K untuk 1X keliling, ia langsung naik kudanya menggunakan masker. Jangan khawatir mas penjaga kudanya juga pakai masker demi keamanan bersama. Asyiknya karena weekday, Keith diajak keliling sampai 4X, wow makasih ya mas!

Beberapa spot selfie menarik juga bisa didapat nih di area Cimory Dairy Farm. Seperti beberapa foto berikut:

Untuk review singkat Cimory Dairy Farm, teman-teman bisa dengerin dari Keith yang bercerita di dalam video berikut yaa.. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

Mini Mania

Setelah puas menjelajah Cimory Dairy Land, kami melanjutkan kunjungan kami ke Mini Mania, yaitu Taman Miniatur Dunia. Areanya berada di dataran yang lebih tinggi dan bersebelahan dengan bangunan pabrik Cimory. Di pintu masuk Mini Mania dibuat spot selfie yang lucu dan menarik dengan menampilkan maskot sapi Cimory dengan gaya yang lucu.

Untuk masuk ke dalam harus melewati gerbang tiket yang dijaga oleh petugas bertubuh cebol juga. Begitu masuk ada begitu banyak miniatur dari bangunan-bangunan ternama di dunia.

Keith langsung terinspirasi untuk menjadi explorer. โ€œPih, ayo fotoin Keith di tiap bangunan yang ada,โ€ serunya. Papi James tentu senang-senang aja, walau akhirnya kecapean juga ngikutin semangatnya Keith ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Main ke Mini Mania harus siap-siap stok memory hape dan camera selowong-lowongnya. Bakalan dapat banyak foto deh di sini. Lama sesi visit ke Mini Mania minimal satu jam jika dengan foto-foto.

Jajan di Chocomory

Setelah puas berfoto di Mini Mania, hari sudah menjelang malam. Kami pun mengarahkan kaki menuju pintu gerbang masuk tadi untuk meninggalkan Cimory on The Valley. Tapi sebelum melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta, kami jajan dulu produk-produk Cimory yang beda dan belum ada di tempat lain. Nggak banyak sih, tapi lumayan melepas untuk melepas dahaga karena jalan-jalan setengah harian.

Toko oleh-oleh Chocomory di Cimory on The Valley ini menurut kami juga yang terlengkap dari variasi produk. Nggak cuma makanan dan minuman, tapi ada juga souvenir khas Cimory. Mmhh.. puas deh jajan di sini. Buat teman-teman yang doyan belanja dan jajan makanan ringan, bakalan senang berkeliling dan belanja di sini.

OK Guys, sampe di sini cerita kami kali ini dari Cimory on The Valley. Semoga apa yang kami ceritakan dan bagikan bisa bermanfaat buat kalian semua.

Cimory on The Valley
Alamat:
Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30
Begojuh, Jatijajar,
Semarang, Jawa Tengah 50552
Telpon (024) 692-1818
Handphone: 082137406688
Instagram: klik di sini

Harga tiket masuk:
Dairyland
: 15K
Mini Mania : 25K
Tiket Terusan : 35K

Jam buka:
Weekday 09.00 – 20.00
Weekend 08.00 – 20.00

12 comments

  1. Waw..sepertinya seru banget ya JKLDiary .Liat ekspresi Keith jadi kebayang senengnya kalau krucilku aku ajakin kesini .Sebenernya kalau pas lewat sini krucilku minta mampir,tapi liat parkiran yang woow jadi cuma wacana mulu ๐Ÿคญ .
    Maaf,mau tanya nih..Untuk Tiket weekday n weekend samakah ? n’ kalau jaman dulu banget itu pas blm ada krucil pernah kesini dapet free product,bagaimana dengan skrng? .Terimakasih

    Liked by 2 people

  2. Pasti seru ya setiap berpergian wisata bersama keluarga, jadi pengen setelah pandemi ngajak semua keluarga untuk pergi berwisata.

    Kebetulan juga Cimory lumayan deket, jadi langsung masukin list ke destinasi yang mau Aku kunjungi. Terima Kasih Kaka atas testimoninya yang keren ๐Ÿ™‚

    Liked by 1 person

  3. Waaahh bagus bangeeetttt.. Ga nyangka di semarang ada tempat wisata keluarga sebagus ini, soalnya waktu ke semarang belum ada nih. Wajib coba dan masukin ke list tujuan wisata utama nih kalau pulang ke kota suami. Ibuk ibuk puas foto dan anak juga ga kalah seneng nih pastinya di tempat wisata sebagus ini.Sepphhh thank you ko infonya๐Ÿ™

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.